Tugas mata kuliah Ilmu Sosial Dasar

Peran Pemuda dalam Masyarakat

Pemuda atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai. hal ini merupakan pengertian idiologis dan kultural daripada pengertian ini. Di dalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya karma pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan.

Pemuda, adalah modal terpenting yang harus dimiliki oleh setiap negara. Negara yang maju adalah negara yang memiliki pemuda-pemuda yang berkualitas. Majunya suatu negara tergantung dari para pemudanya.

Pemuda dalam masyarakat. Masyarakat membutuhkan tangan para pemuda yang berkualitas dalam memajukan masyarakat. Para pemuda yang memiliki kreatifitas tinggi, cara berfikir untuk terus maju, pemuda yang ber-IMTAK dan ber-IPTEK.

Semua anggota masyarakat memiliki peran penting dalam pembentukan mental pemuda di era globalisasi ini. Pembentukan karakter-karakter tersebut melalui pendidikan yang baik, dimulai dari keluarga, lingkungan, sekolah, pendidikan agama. Pendidikan agama sangadlah penting dalam pembentukan karakter pemuda di era sekarang ini. Karena dengan agama seseorang dapat mengontrol dirinya.

di lain pihak pemuda juga menghadapi pesoalan seperti kenakalan remaja, ketidakpatuhan kepada orang tua, frustasi, kecanduan narkotika, masa depan suram. Semuanya itu akibat adanya jurang antara keinginan dalam harapan dengan kenyataan yang mereka hadapi. Kaum muda dalam setiap masyarakat dianggap sedang mengalami apa yang dinamakan ”moratorium”. Moratorium adalah masa persiapan yang diadakan masyarakat untuk memungkinkan pemuda-pemuda dalam waktu tertentu mengalami perubahan.

Menurut pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda bahwa generasi muda dapat dilihat dari berbagai aspek sosial, yakni:

1. Sosial psikologi

2. sosial budaya

3. sosial ekonomi

4. sosial politik


Tinggalkan komentar